LightBlog

Ramadhan, Siswa MA Walisongo Kaji Usyfuriah

Pecangaan-Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan 1433 H, MA Walisongo Pecangaan mengadakan pengajian Kitab klasik. Pengajian tersebut dilaksanakan sebelum jama’ah solat Dzuhur pada tanggal 23 Jui hingga 11 Agustus di Aula madrasah.

Kegiatan yang mengkaji kitab ‘Usyfuriah’ tersebut, diikuti oleh semua siswa-siswi MA Walisongo.

Ahmad Mukhlisin, A. Md, Wakil kepala bagian kegamaan dan hubungan masyarakat mengatakan bahwa kitab  ‘Usfuriah’ dipilih sebagai bahan kajian karena pada kitab itu berisi hadist-hadist tentang tuntunan kehidupan. “Hadits-hadits dalam kitab  ‘Usfuriah’ berisi tentang pedoman dan prinsip untuk menjadi hamba allah yang lebih bertaqwa,” tuturnya.

Dengan semakin runtuhnya moral generasi muda, lanjut Mukhlisin, perlu adanya pengajaran dan pelajaran tentang Ahklaq dan Aqidah, karena dalam suatu hadist sudah dijelaskan bahwa Ahklaq lebih tinggi derajatnya dari pada ilmu pengetahuan.

 “Dengan hal tersebut maka pada bulan Ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk memberikan pendidikan ahklaq serta menambah pengetahuan tentang hadist-hadist Rosulullah,” lanjutnya.

Selain itu, lanjutnya, kitab usfuriah juga di lengkapi dengan cerita-cerita dari sahabat-sahabat nabi sehingga dapat meningkatkan ketaqwaan kita.

“Kitab usfuriah tersebut selain di lengkapi tuntunan kehidupan juga di lengkapi cerita-carita dari sahabat, sehingga kita akan lebih mengerti tentang kebesaran Allah SWT,” lanjutnya.

Muhammad Miftahul Umam (XII IPA), peserta kegiatan tersebut mengaku bersyukur dapat mengikuti pengajian tersebut karena dapat menambah ilmu serta mencerahkan hatinya.

“Saya bersyukur pengajian seperti ini masih dapat di selenggarakan karena dapat menambah ilmu, nasehat serta memperoleh cerita-cerita yang mendidik,” akunya.

Drs. Rohmadi AF, Kepala MA Walisongo Pecangaan mengatakan bahwa kegiatan tersebut diwajibkan untuk semua siswa. “Pengajian selama Ramadhan ini adalah kegiatan yang bersifat wajib yang harus diikuti oleh semua siswa,” ungkapnya.

Pengajian kitab selama bulan Ramadhan tersebut dipandu oleh para kyai dan guru agama di MA Walisongo Pecangaan yang telah mumpuni dalam bidang keagamaan. Mereka adalah KH Khumaidillah, KH Hariyanto, S.Ag, KH Muwassaun Ni’am, S.Ag, KH Asmuni Lc, KH Nur Rohmat, S.Ag dan KH Ahmad Badruddin, Lc, Ainun Najib, S.Ag, serta KH Zakariyah Asnawi. (Rif’ul Mazid Maulana)
Ramadhan, Siswa MA Walisongo Kaji Usyfuriah Ramadhan, Siswa MA Walisongo Kaji Usyfuriah Reviewed by Unknown on 8/11/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog