LightBlog

MA Walisongo Gelar Workshop Pasca UN

Jepara-Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan menggelar kegiatan pasca Ujian Nasional bagi siswa kelas dua belas (XII) pada Senin hingga Rabu (22-24/04). Seminar itu bertempat di Aula sekolah.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi sebelum lulus tersebut diisi dengan berbagai materi diantaranya adalah wawasan pondok pesantren, wawasan perguruan tinggi, wawasan peluang kerja dan usaha hingga wawasan kesehatan reproduksi.

Drs Rohmadi, Kepala Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program madrasah dalam mencetak lulusan yang berkualitas.

“Madrasah sangat mengupayakan output yang berkualitas, sehingga sebelum lulus dari Madrasah siswa kami berikan bekal yang cukup mulai dari bekal memilih perguruan tinggi, pesantren, membuka lapangan pekerjaan hingga berumah tangga,” katanya.

Beliau menambahkan pembekalan tersebut sangatlah penting agar siswa tidak salah menentukan arah ketika sudah lulus dari Madrasah.

“Banyak siswa yang pintar dalam bidang akademik, namun salah memilih perguruan tinggi sehingga pada seminar ini siswa akan diberikan penyuluhan dari berbagai perguruan tinggi sehingga mereka nanti akan lebih mudah menentukan pilihanya.” Tambah Rohmadi.

Rohmadi menerangkan bahwa kegiatan tersebut pertama kali digagas oleh KH Mahfudz Asymawi. “Kegiatan tersebut awalnya bernama kursus pendidikan guru (KPG) yang digagas oleh beliau KH Mahfudz Asymawi.” Paparnya.

Kursus Pendidikan Guru (KPG) tersebut pada awalnya bertujuan untuk memberikan bekal kepada lulusan Madrasah Aliyah Walisongo untuk menjadi guru di daerah masing-masing baik guru Madrasah Awaliyah, Madrasah Wustho maupun guru keagamaan.

Ahmad Zainuddin, S.Kom, ketua panitia kegiatan menuturkan bahwa kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan ujian praktek mengajar dan tahasus.

“Setelah kegiatan tersebut nanti akan diteruskan dengan ujian praktek mengajar dan tahasus,” tuturnya.

Zainuddin, berharap kepada semua siswa untuk dapat mengikuti semua program pasca UN/UM yang direncanakan Madrasah.

“Apabila siswa tidak mengikuti program yang telah ditetapkan oleh Madrasah maka siswa tidak akan mendapatkan sertifikat kegiatan tersebut serta akan diberikan tugas lain sebagai syarat pengambilan Ijazah,” harapnya.

Muhammad Nur Faizin, Siswa kelas XII IPS mengungkapkan bahwa dia mendapatkan ilmu pengetahuan baru dari adanya seminar tersebut.

“Dari seminar ini kami mendapatkan pengetahuan baru seperti cara memilih perguruan tinggi, pesantren hingga membuka lapangan pekerjaan ataupun berwirausaha,” ungkap Faizin saat ditemui setelah seminar.

Faizin, yang berkeinginan melanjutkan keperguruan tinggi tersebut mengaku lebih dapat menentukan jurusan yang lebih sesuai dengan dirinya.

“Dengan adanya seminar ini, aku lebih matang menentukan jurusan yang akan aku pilih ketika di perguruan tinggi nantinya,” akunya. (Rif’ul Mazid Maulana)


MA Walisongo Gelar Workshop Pasca UN MA Walisongo Gelar Workshop Pasca UN Reviewed by Unknown on 4/22/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog