LightBlog

Membangun Jiwa Entrepreneur

“Jangan takut menjadi kaya di usia muda, takutlah tua tidak kaya-kaya,” hal tersebut diungkapkan oleh H Abdul Kohar ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jepara ketika mengisi kegiatan Pasca Ujian Nasional Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan, Senin (22/04).

Sebagai generasi muda penerus bangsa sudah selayaknya kita membuka lapangan pekerjaan baru guna menumbuhkan kesejahteraan pada diri kita maupun lingkungan sekitar. “Jangan pernah ragu untuk memulai, meskipun hanya modal nekat saja,” ungkap Pimpinan Percetakan Andalan Kita ini.

Untuk membangun sebuah bisnis diperlukan dua prinsip dasar yaitu kerja keras dan kerja cerdas. Maksudnya kita akan selalu berupaya untuk memunculkan inovasi-inovasi baru serta tidak pernah berputus asa.

“Sebagai seorang Entrepreneur kegagalan merupakan suatu yang sudah wajar sehingga dengan kegagalan tersebut kita justru mendapatkan imunitas agar tidak mudah terserang kegagalan kembali,” jelasnya.

Membuka bisnis tidak harus menggunakan modal besar namun dapat dilakukan dengan tanpa modal. Caranya dengan bekerja sama dengan pemilik modal, menjualkan barang suatu perusahaan ataupun menjadi mediator.

“Modal tidak hambatan utama seseorang dapat membangun sebuah bisnis karena seseorang dapat bertindak sebagai distributor maupun mediator,” katanya.

Dia menerangkan bahwa apabila kita telah mempunyai rancangan bisnis yang matang sebaiknya kita merekrut seorang donatur untuk membantu dalam hal biaya.

“Jika kita mempunyai rancangan bisnis yang matang mulai dari jenis, menegement yang baik serta diminati pasar maka mencari modal itu tidak sulit karena banyak pendonor yang mau membantu bisnis kita,” terangnya.

Berpikir Prestasi
Legiman Arya, Wakil Ketua bidang pengembangan dan Sumber Daya Manusia Kadin Kabupaten Jepara menuturkan bahwa seorang wirausaha muda perlu untuk berpikir prestasi. “Berpikir prestasi adalah berpikir positif dan penuh dengan keyakinan,” katanya.

Legiman, menuturkan bahwa menumbuhkan jiwa Entrepreneur perlu dilakukan sejak usia muda. “Saya memulai terjun kedunia wirausaha sejak duduk di bangku sekolah menengah atas yaitu dengan cara menjual air,” tuturnya.

Ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa Entrepreneur antara lain adalah dengan berinovasi dan menyaingi karya orang lain, menerapkan pola hidup sederhana, serta berdo’a. “Hal tersebut merupakan tiga kunci utama untuk meraih kesuksesan,” papar Arya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang program pembinaan wirausaha muda Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jepara yang disebut Idea Muda. Turut hadir dalam kesempatan itu Nur Zahid, Wakil ketua bagian Hukum dan Kebijakan Pemerintah Kadin Kabupaten Jepara. (Rif’ul Mazid Maulana)



Membangun Jiwa Entrepreneur Membangun Jiwa Entrepreneur Reviewed by Unknown on 4/23/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog