LightBlog

Agar Terhormat Kuatkan Ilmu dan Adab

KH Sya’roni Ahmadi
Manusia menjadi terhormat tergantung kepada dua hal yakni ilmu dan adab. Demikian pokok taushiyah KH Sya’roni Ahmadi, Mustasyar PBNU dalam Muwaddaah Bersama Yayasan Walisongo Pecangaan di pelataran MA Walisongo Pecangaan, Ahad (27/5) kemarin.

Menurutnya, setelah siswa-siswi lulus dari MTs-SMP-MA-SMA-SMK yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengejar ilmu seterusnya. Yang lulus MTs sederajat melanjutkan ke MA sederajat.

Sedangkan yang lulus MA sederajat melanjutkan menuju Perguruan Tinggi (PT), Pondok Pesantren (PP), Takhasus maupun pilihan-pilihan yang lain. Ilmu yang telah diperoleh, ungkapnya alangkah lebih baiknya jika mau mengamalkannya kepada masyarakat.

Berkaitan dengan adab, pakaian dan juga kesopanan menjadi tolak ukur seseorang dikatakan beradab. Ia menyontohkan Presiden Soekarno yang senantiasa rapi dalam setiap kegiatan kenegaraan. Sehingga, sebelum maupun sesudahnya Soekarno digandrungi siapapun.

Kiai Sya’roni juga berpesan kepada siswa-siswi agar aqidah Ahlus Sunnah Waljamaah (Aswaja) dikuatkan. Hal itu disampaikannya terkait maraknya aliran sesat yang marak saat ini. “Apabila sampeyan menjumpai aliran-aliran yang tidak sejalan maka segera konsultasikan kepada guru agar mereka memberikan penjelasan secara gamblang,” pesannya.

Di akhir taushiyah, ia mengutip pendapat KH Bisri Mustofa. Jadilah orang alim dan akil! Jika demikian lanjutnya, kelak siswa-siswi Yayasan Walisongo akan menjadi generasi yang sholih dan barakah.


Kontributor: Syaiful Mustaqim   
Agar Terhormat Kuatkan Ilmu dan Adab Agar Terhormat Kuatkan Ilmu dan Adab Reviewed by Unknown on 8/09/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog