LightBlog

Ribuan Jamaah Iringi Pemakaman KH Noor Ahmad

Ribuan Jama'ah Iringi Pemakaman KH Noor Ahmad
Jepara-Ribuan jamaah turut mengiringi pemakaman KH Noor Ahmad SS, ahli falak Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Rabu (20/6) kemarin. Sejak pagi, tepatnya pukul 10.00 WIB Yi Noor pulang ke rahmatullah, kediamannya di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan ramai dengan pentakziyah.

Puncaknya selepas Ashar. Atas nama shohibul musibah KH Sholeh Taufiq mengatakan sebelum wafat, Yi Noor masih dalam keadaan baik-baik saja. Saat pukul 08.30 WIB kondisinya sedang kurang baik akhirnya diberangkatkan ke RSUD Kudus. “Kurang lebih jam 10.00 WIB Yi Noor dalam usia 83 tahun kapundut ila rahmatillah,” paparnya.

Yi Noor, dikatakannya adalah seorang Ulama yang ikhlas utamanya dalam membimbing santri dalam ilmu Falak. Santrinya sudah tersebar di berbagai penjuru. Sebagai manusia biasa, lanjut Sholeh Yi Noor tentu mempunyai urusan haqqul adami. Karenanya urusan hak adam dipasrahkan kepada anaknya, H Romli.

Rois Syuriah PCNU, KH Ahmad Kholil mengungkapkan Kyai Noor Ahmad merupakan Ulama yang ngrumati masyarakat. Meski beliau telah tiada, tambahnya Lajnah Falakiyah masih tetap membutuhkan pemikirannya. “Hal itulah kemanfataan dari sosok Yi Noor,” ungkapnya.

Matinya orang alim matinya alam semesta. Kyai Kholil menjelaskan wafatnya orang alim adalah cobaan yang besar. “Meskipun demikian semoga akan ada yang menggantikan KH Noor Ahmad,” harapnya.

Tiga kategori manusia yang disabdakan Nabi, tegasnya juga tercermin pada pribadi Yi Noor. Alim, abid dan arif. “Yi Noor seorang alim pewaris Nabi, seorang abid yang taat beribadah maupun bermujahadah dan seorang arif, mengerti serta menjalankan perintah Rasul,” jelasnya.

H Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara yang turut hadir menghaturkan rasa bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Cepat atau lambat, imbuhnya semuanya akan menyusul almarhum. “Semoga keluarga yang ditinggalkan tetap diberikan kesabaran atas ujian yang diberikan Allah SWT,” doanya.

Ilmu Falak yang dimiliki Kyai Noor Ahmad papar Marzuqi dibutuhkan masyarakat maupun pemerintah. Oleh karenanya, apa yang dicita-citakan almarhum di waktu berikutnya bisa diteruskan sanak keluarga maupun para santri.

Karena banyaknya pentakziyah, shalat jenazah dilaksanakan tiga kali bertempat di Masjid Al-Makmur. Almarhum KH Noor Ahmad SS dikebumikan di makam Jabang Bayi. (Syaiful Mustaqim)
Ribuan Jamaah Iringi Pemakaman KH Noor Ahmad Ribuan Jamaah Iringi Pemakaman KH Noor Ahmad Reviewed by Unknown on 6/23/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog