LightBlog

Pemimpin Harus Amanah

Pecangaan-Pemimpin harus dapat memimpin sekaligus member suri tauladan yang baik bagi umatnya, hal tersebut diungkapkan oleh Drs Rohmadi, kepala Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan ketika memberi kata sambutan pada pelantikan OSIS sekolah tersebut, Senin (05/11).

“Umat manusia didunia ini ada kalanya menjadi pemimpin (Kholifah), juga ada kalanya menjadi umat, sehingga kedua elemen tersebut harus berjalan selaras,” ungkapnya.

Khalifah harus memberikan contoh yang baik kepada umatnya, bukan mengajari untuk menentang peraturan. “Ada dua tipe kholifah, yaitu memberi contoh karena ingin dihormati dan memberi contoh dengan tegas karena ingin ditakuti,” Katanya.

Beliau mengatakan tidak akan ada organisasi yang sukses tanpa adanya kepengurusan yang solit. “Sehebat apapun pemimpin itu apabila tidak didukung dengan anggota yang solit, maka organisasi tersebut tidak akan berhasil,” terangnya.

Rohmadi, memaparkan bahwa harus ada komitmen bersama dan teamworking. “Untuk mencapai kesuksesan sebuah organisasi dibutuhkan kerja kolektif yang solit,” Paparnya.

Sehingga peran penting pemimpin sangat dibutuhkan dalam menaungi organisasinya, menjaga keharmonisan hubungan antar pengurus serta memberi motivasi untuk bangkit dan maju bersama.

“Memberi semangat dan motivasi kepada para pengurus tidak harus dilakukan secara formal dan terstruktur namun juga dapat dilakukan dengan cara-cara yang lain seperti mengajak pengurus untuk rapat diluar, berwisata ataupun yang lain. Yang terpenting adalah tujuan dari pengembangan loyalitas anggota dapat berhasil,” jelasnya.

Amanah
Hal terpenting yang harus dipegang seorang pemimpin adalah jiwa amanah. Karena dengan jiwa amanah mustahil akan berbuat penyelewengan. “Potret buram para pemimpin di negeri ini harus dijadikan pelajaran yang harus ditinggalkan,” lanjutnya.

Sebagai organisasi tingkat sekolah sudah selayaknya organisasi Siswa Intra Sekolah menjadi wadah pendidikan organisasi yang baik sehingga kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang amanah.
“OSIS harus berjalan sesuai perannya yaitu memberi pendidikan organisasi kepada siswa yang baik dan konsekuen,” pungkasnya. (Rif’ul Mazid Maulana)
Pemimpin Harus Amanah Pemimpin Harus Amanah Reviewed by Unknown on 11/06/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog