LightBlog

Pramuka Bentuk Akhlak Mulia

Pramuka  merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, social, intelektual dan fisiknya, agar mereka bisa memiliki kepribadian dan akhlak mulia kaum muda, Menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda, Meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Kegiatan kepramukaan harus kita tanamkan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, menggingat sangat pentingnya kegiatan itu untuk membentuk kepribadian seseorang. Dalam kepramukaan ada sepuluh butir pokok penanaman kepribadian yang selalu diterapkan dalam pelbagai kegiatan, sepuluh butir haluan kepramukaan tersebut biasa disebut dengan Dasadharma Pramuka.
Isi dasadharma adalah taqwa kepada tuhan yang maha esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusawarah rela menolong dan tabah, rajin terampil dan gembira, hemat cermat dan bersahaja,displin berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Apabila butir-butir tersebut kita telaah artinya secara  mendalam maka akan dapat kita kaitkan dengan berbagai tuntunan ajaran agama Islam. Seperti pada butir yang pertama, sesungguhnya arti pada kata ‘taqwa kepada tuhan yang  maha esa’ sangat erat kaitannya dengan bimbingan keimanan pada ajaran agama islam. Pada al Qur’an sudah jelas apabila orang yang selamat di dunia dan akhirat hanyalah orang-orang yang bertaqwa.

Selanjutnya, pada butir yang nomor dua, ‘cinta alam dan kasih sayang sesama manusia’. Pada butir ini diterangkan bahwa sebagai kholifah dimuka  bumi selayaknya manusia untuk mencintai alam semesta ini, bukan malah merusaknya. Selain itu manusia juga harus mencintai sesama manusia (hamlumminannas). Karena menginggat peran serta orang lain pada kehidupan kita, sebagai makhluk sosial kita tidak akan pernah dapat hidup sendiri. Maka saling mengerti, mambantu dan meringankan beban orang lain merupakan tugas kita dalam berkehidupan.

Hal tersebut sesuai dengan hadist dari H.R Muttafaqun ‘alaih yang artinya, “Dari Abu Hurairah RA berkata: Rosulullah SAW bersabda. ‘lihatlah orang yang lebih rendah daripada kamu dalam urusan dunia dan janganlah kamu melihat orang yang lebih tinggi dari padamu. Maka dia lebih pantas (menempati) kedudukan yang lebih tinggi daripada kamu agar kamu tidak mengandai-ngandai (jangan kamu pantas-pantaskan kedudukan orang diatas kamu):”

Dengan banyaknya manfaat kegiatan kepramukaan dalam membentuk jati diri kita menjadi hamba allah yang bertaqwa dan memiliki akhlak yang baik, maka selayaknya kegiatan tersebut mulai sejak dini diterapkan pada jiwa-jiwa penerus perjuangan agama islam. (Rif’ul Mazid Maulana)
Pramuka Bentuk Akhlak Mulia Pramuka Bentuk Akhlak Mulia Reviewed by Rif'ul Mazid Maulana on 5/08/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog