LightBlog

Beragam, Ekstrakurikuler MA Walisongo Pecangaan

Pecangaan-Untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa, Madrasah Aliyah (MA) Walisongo Pecangaan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut diselenggarakan setelah pulang sekolah, mulai pukul 13.30-16.45 Wib. Pembinaan diluar jam sekolah tersebut diikuti oleh seluruh siswa.

Mukhlisin S.Pd, M.Sc wakil kepala bagian kesiswaan menuturkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tersebut dibagi menjadi lima bidang. “Kegiatan pembinaan dan pelatihan ini meliputi lima hal yaitu bidang pendahuluan bela negara, pendidikan seni budaya, keagamaan, pengembangan olahraga dan bidang pengembangan intelektual,” tuturnya.

Kegiatan ekstra bidang bela negara diantaranya Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR). Sedangkan untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang seni budaya, MA Walisongo juga membina siswanya melalui Rebana.

Dalam hal agama, madrasah membina peserta didik dengan Tilawatul  Qur’an (MTQ) dan Tutorial. “Dalam upaya mewadahi serta mengembangkan potensi anak didik dalam bidang olahraga dengan ekstra Bola Volly, Bola Basket dan Futsal. Pembinaan dalam bidang akademik juga sangat diperlukan, maka dari hal itu kami juga menyelenggarakan pembinaan mapel Sains, English Convorsation Club (ECC) dan Maintenaince komputer,” Jelasnya.

Drs Santoso wakil kepala bagian kurikulum mengutarakan bahwa pembinaan mata pelajaran Sains meliputi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi merupakan langkah persiapan untuk menghadapi Olimpiade. “Sains merupakan mapel yang sangat sering di Olimpiadekan mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Internasional, maka dengan adanya hal tersebut kami sejak dini akan berupaya untuk mempersiapkan anak didik kami,” ungkapnya.

Tahun pelajaran 2012-2013 ini tambah Santoso, ada beberapa jenis ekstrakurikuler yang tahun sebelumnya belum ada, seperti Tutorial dan  Maintenaince (perakitan komputer). “Madrasah berupaya semaksimal mungkin untuk mengerti apa yang diinginkan oleh siswa, agar kami dengan mudah dapat mengetahui potensi apa yang ada dalam setiap diri peserta didik,” tambahnya.

Drs Rohmadi AF kepala Madrasah mengharapkan bahwa semua siswa dapat memanfaatkan semua program yang telah disiapkan oleh Madrasah. “Kegiatan yang telah kami programkan merupakan bentuk nyata kami dalam mengembangkan potensi siswa, baik dari bidang akademik maupun non-akademik. Sehingga kami berharap siswa dapat memanfaatkan semua kesempatan ini dengan baik,” harapnya. (Rif’ul Mazid Maulana)
Beragam, Ekstrakurikuler MA Walisongo Pecangaan Beragam, Ekstrakurikuler MA Walisongo Pecangaan Reviewed by Unknown on 10/14/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog