LightBlog

Pendidikan Pramuka, Solusi Atasi Kenakalan Remaja

Problematika kehidupan pelajar sekarang sangat memprihatinkan, yang menjadi pembicaraan terhangat akhir-akhir ini adalah banyaknya tawuran antar pelajar yang berakibat pada kematian. Pelajar sebagai kaum intelektual sepatutnya menjadi suri tauladan yang baik serta dapat menuntaskan masalah dengan kepala dingin, tidak dengan aksi-aksi yang anarkis seperti itu.

Melihat kenyataan tersebut, peranan pendidikan kepramukaan sangat penting dijadikan wadah pembentukan karakter bagi kaum muda selaku  bagian dari komponen bangsa yang sangat rentang terhadap  pelbagai perubahan yang terjadi pada tata nilai dan budaya bangsa.

Kepramukaan  dianggap efektif sebagai alat untuk membentuk pribadi pelajar yang sesuai dengan dasa dharma. Yang meliputi Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa; Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan dan ksatria; Patuh dan suka bermusyawarah; Rela menolong dan tabah; Rajin, terampil, dan gembira; Hemat, cermat, dan bersahaja; Disipilin, berani, dan setia; Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Pramuka sebagai  salah satu kegiatan ekstra kurikuler di sekolah sangat relevan dengan pendidikan karakter bangsa terbukti dengan kesamaan nilai-nilai pendidikan karakter dengan nilai-nilai Dasa Dharma, sehingga sangat tepatlah bila lewat pramuka pendidikan karakter dibentuk.

Gerakan Pramuka mengawali dengan usia peserta didik 7 tahun hingga 25 tahun dengan sebutan anggota muda, yang dibagi dalam golongan Pramuka Siaga (7-10), Pramuka Penggalang (11-15), Pramuka Penegak (16-20) dan Pramuka Pandega (21-25). Pembagian golongan berdasarkan perkembangan dan karakteristik baik baik fisik maupun psikis.

Berikut ini nilai-nilai pendidikan karakter : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat /Komunikasi, Cinta Damai, Gemar Membaca ,Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab.

Mustahil terjadi perkelahian antar pelajar lagi apabila setiap remaja benar-benar menerapkan dan mengamalkan setiap nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupannya. Tawuran pelajar tersebut dapat terjadi karena jiwa remaja yang kurang pendidikan kerohanian serta pendidikan naluri, serta penyalur emosi remaja dalam pendidikan yang aktif, kreative dan baik sangat terbelenggu. Pramuka dapat dijadikan solusi sebagai penyalur kreativitas siswa yang baik sehingga emosi remaja dapat tersalurkan dengan pendidikan yang positif.

Tertanamnya nilai-nilai tersebut dalam jiwa setiap anggota Pramuka memberikan gambaran kepada kita bahwa Pramuka merupakan solusi yang efektif untuk mengobati jiwa-jiwa remaja yang sakit sekarang ini. Pendidikan Pramuka seharusnya dimasukkan dalam pendidikan formal, sehingga siswa akan mendapatkan siraman pendidikan secara naluri. (Rif’ul Mazid Maulana)
Pendidikan Pramuka, Solusi Atasi Kenakalan Remaja Pendidikan Pramuka, Solusi Atasi Kenakalan Remaja Reviewed by Rif'ul Mazid Maulana on 10/05/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog