LightBlog

Semarak Pelantikan Bantara MA Walisongo

Pecangaan-Pramuka ambalan Teuku Umar dan Cut Nya’ Dien Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan menggelar kegiatan Bantara pada Kamis-Jum’at, (2-3/5). Kegiatan tersebut bertempat di desa Sukosono, Kedung Jepara.

Nor Syarifuddin, menuturkan Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut bertujuan untuk melantik anggota penegak Bantara Ambalan Teuku Umar dan Cuta Nya’ Dien MA Walisongo. “Kegiatan ini bertujuan untuk melantik anggota Pramuka menjadi Penegak Bantara,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa pada tahun ini pelantikan Penegak Bantara di lakukan di luar agar dapat berbaur dengan alam dan masyarakat. “Tahun ini, pelantikan penegak Bantara di adakan di desa Sukosono, agar peserta dapat mengambil pelajaran dari alam dan masyarakat,” kata Nor Syarifuddin saat ditemui disela-sela kegiatan.

Moh Muftil Umam, S.Kom.I, Pembina Pramuka Ambalan Teuku Umar dan Cut Nya’ Dien Madrasah Aliyah Walisongo memaparkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan puncak. “Untuk dapat dilantik menjadi seorang penegak Bantara, peserta harus mampu menuntaskan Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU), selain itu peserta juga harus membuat rangkuman semua materi ke Pramukaan” ungkapnya.

Muftil menjelaskan bahwa pelantikan bantara tersebut di isi dengan beragam kegiatan, mulai dari kegiatan pendidikan, kerohanian, seni hingga olahraga. “Kegiatan Pelantikan Penegak Bantara tersebut antara lain adalah Latihan Baris-Berbaris, istiqhosah, pendidikan kepramukaan, halang rintang dan puncaknya adalah pelantikan,” jelasnya.

Umam menambahkan bahwa pada kegiatan tersebut juga di adakan bhakti masyarakat. “Bhakti masyarakat kami laksanakan sebagai rasa kepedulian kami tentang kebersihan lingkungan masyarakat desa Sukosono,” tambahnya.

Karakter
Drs Rohmadi, mengungkapkan bahwa kegiatan Pelantikan Bantara tersebut merupakan salah satu pendidikan Karakter kepada peserta didik. “Pelantikan Bantara ini adalah wujud dari pendidikan Karakter, karena pada kegiatan ini di ajarkan tentang bersikap, bertindak serta bersosialisasi terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta menjaga sikap saat berada di tengah-tengah masyarakat. “Pada kesempatan ini kalian diterjunkan langsung ke masyarakat sehingga saya harap untuk dapat menjaga sikap serta melaksanakan budaya baik yang ada di Madrasah,” harapnya.

Mafaza Nur Aqliyah, peserta kegiatan itu mengaku senang karena mendapatkan banyak pelajaran. “Kegiatan yang paling berkesan adalah saat berjalan di malam hari dan halang rintang di teluk awur Jepara,” akunya. (Rif’ul Mazid Maulana)
Semarak Pelantikan Bantara MA Walisongo Semarak Pelantikan Bantara MA Walisongo Reviewed by Unknown on 5/04/2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments

LightBlog